Karya tulis ini dimaksudkan sebagai laporan atas Praktik Kerja Lapangan yang penulis lakukan di perusahaan PR Konsultan Edelman Indonesia dari 5 Maret hingga 4 Juni 2018, yakni menyangkut Monitoring Media. Prosedur kegiatan Monitoring Media yang dilakukan secara garis besar terdiri dari menentukkan media list, membuat Media Monitoring Brief, tracking the keywords, mengelompokkan kategori, mengisi template Monitoring Media, membuat summary dari coverage articles, menentukkan arah isu, membuat media alert atau media preview, dan melaporkan ke klien. Kesimpulannya adalah Monitoring Media merupakan aktivitas memantau media secara berkala dan menyortirnya sesuai dengan keywords atau kata � kata kunci serta penting dilakukan untuk mengetahui trend dan arah isu yang dapat berpengaruh terhadap suatu lembaga atau organisasi atau perusahaan (klien). Selain itu, prosedur kegiatan Monitoring Media yang dilakukan oleh perusahaan PR Konsultan Edelman Indonesia sudah cukup sesuai dengan prosedur ideal atau teoritisnya, meskipun belum sempurna. Dengan demikian, penulis menyarankan sebaiknya tahap analisis isi media lebih disempurnakan lagi dengan menjawab semua pertanyaan ASIDIAMBA (apa, siapa, dimana, apabila, mengapa, dan bagaimana) sebelum menentukkan arah isu. Kemudian, pada tahap menyusun rekapitulasi, sebaiknya perusahaan PR Konsultan Edelman Indonesia juga membuat langkah antisipasi sesuai dengan prosedur ideal (teoritis) Monitoring Media.